MEMBUAT SEGITIGA DAN
LINGKARAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA
GeoGebra adalah
prgram komputer untuk membelajarkan matematika khususnya geometri dan aljabar. Beberapa
pemanfaatan program GeoGebra dalam pembelajaran matematika adalah sebagai
berikut
- Dapat menghasilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.
- Adanya fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi (dragging) pada program GeoGebra dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep geometri.
- Dapat dimanfaatkan sebagai balikan/evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat benar.
Berikut
kita akan menunjukan cara membuat segitiga dan sudut dalam segitiga, serta
membuat Garis Tinggi, Garis Bagi, Garis Berat,dan garis Sumbu dalam segitiga.
Langkah-Langkah Membuat Segitiga dan Sudut Dalam Segitiga
1. Klik Segmen With given length From Point.
2. Masukan panjang garis A
3. Masukan panjang garis B, dengan mengklik pada titik
B
4. Untuk C pilih Segmen between Two Point, klik titik
dari A dan tarik garis tersebut sampai titik C.
5. Setelah itu klik
move
6. Lalu klik pada titik C dan tarik sehingga terbentuk
segitiga
7. Membuat Sudut Dalam Segitiga :
* Klik Angle
* pilih
tiga titik searah Jarum jam. Contoh: ACB, CBA, BAC : Searah Jarum Jam.
8. Menghitung Jumlah sudut dalam segitiga
Karena tidak ada α+β+ϒ pada keyboard.
Kita harus memilihnya pada dropdown list di dalam tombol :
Langkah-langkah Membuat Garis Tinggi
1. Setelah kita
membuat segitiga seperti diatas, kemudian
Klik Perpendicular Line
2. Klik dari titik ke garis depan sudutnya, Maka
akan didapat garis tingginya
Langkah-Langkah Membuat Garis Bagi
1. Setelah kita membuat segitiga ABC seperti diatas,
jika ingin membuat garis bagi kita Klik Angle Bisector.
2. Pilih tiga titik searah jarum jam (seperti membuat sudut dalam segitiga). Contoh : ACB, CBA, BAC. Maka kita akan mendapatkan garis Baginya :
3. Klik Intersect Two Object pada titik potong antara A, B, dan C maka hasilnya mendapatkan titik E.
Langkah-Langkah Membuat Garis Berat
1. Setelah kita membuat segitiga seperti diatas, jika
ingin membuat garis bagi kita Klik Midnigth or Center
2. Klik setiap garis yang akan dibagi sama panjang,
maka akan didapat titik tengah dari setiap garis AB, BC, AC yaitu titik F, H,
dan G.
3. Klik Segment Between Two Point dari titik pembagi
garis ke titik sudut atau Hubungkan
titik A dan H, titik B dan G, titik C
dan F dengan cara Klik Segment
Between two Points.
4. Maka akan didapat garis beratnya:
5. Klik Intersect Two Object pada titik potong antara
AH, BG, dan CF maka hasilnya mendapatkan titik I.
Langkah-Langkah Membuat Garis Sumbu
1. Setelah membuat segitiga ABC, lalu untuk membuat garis sumbu Klik
Perpendicular Line (karena sudah memiliki titik tengahnya) yaitu titik F, G,
dan H.
2. Klik titik tengah yang sudah diketahui yaitu titik F, G, dan H kealasnya
dan seterusnya.
3. Klik Intersect Two Object : untuk
membuat titik baru pada garis potong yang telah didapat yaitu titik J.
4. Membuat lingkaran luar segitiga
* Klik Circle With Center Through Point
* Klik dari titik sumbunya, dimana tadi kita dapat
titik sumbunya yaitu di titik J.
5. Membuat lingkaran dalam segitiga
* Klik Circle With Center Through Point
* Klik dari titik Baginya, dimana tadi kita dapat
titik sumbunya yaitu di titik E
Langkah Membuat Lingkaran dalam Segitiga dan Mencari Sudut Pusatnya
1. Pertama kita buat lingkaran dengan Klik Circle With
Center Through Point tarik lingkaran tersebut sampai terbentuk lingkaran yang
besar.
2. Klik Polygon untuk membuat segitiga sembarang
3. Klik pada sembarang tempat dalam lingkaran dan
tarik hingga membentuk segitiga
4. Klik Perpendicular Bisector untuk membuat titik
pusatnya, klik setiap garis sisi-sisi dalam segitiga
5. Klik Intersect Two Object : untuk
membuat titik baru pada garis potong.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar