Kamis, 16 Januari 2014

Software Geometer Sketchpad : Melukis Trapesium dan Belah Ketupat

Pengertian Software geometers sketchpad
Software geometers sketchpad salah satu software untuk mempermudah guru dalam menjelaskan pembelajaran matematika khusunya pada bidang datar. Sketchpad merupakan software matematika dinamik yang interaktif. Dalam sketchpad, kita dapat mengkonstruksi titik, vektor, garis, maupun suatu kurva tertentu yang kemudian dapat kita ketahui bentuk aljabarnya.
Beberapa karakteristik dari software Software geometers sketchpad adalah sebagai berikut:
  • Ketepatan dalam melukis dan mengukur secara digital; 
  • Proses visualisasi dari awal dengan berbagai ukuran dimensi berbeda mudah dipahami; 
  • Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan investigasi, ekplorasi, dan pemecahan masalah; 
  • Mempunyai ciri spesifik, gambar animasi, jejak gambar, dan sembarang titik yang menyediakan kesempatan untuk mensimulasikan berbagai situasi
Kekurangan Software SketchPad, yaitu:
  1. Anda tidak dapat mengupload photo anda dan situs ini digunakan untuk menggambar sederhana dengan memainkan warna dan tulisan.
  2.  Pilihan icon hanya sedikit,
  3. Tidak dapat langsung memasukkan suatu rumus.
  4. Sulit mengkoordinasikan langsung jarak yang diinginkan
Kelebihan Software SketchPad, yaitu :
  1.  Dapat mengundo apabila terjadi kesalahan dapat membatalkan perintah yg telah dilakukan,
  2. Dapat meredo untuk mengulangi perintah yang telah dilakukan, 
  3. Dapat membuat tabel berserta datanya, 
  4. Dapat menulis rumus bersamaan dengan gambar, 
  5. Memiliki grid form yang banyak,
  6. Dapat merekam setiap pekerjaan yang kita lakukan.
  7. Memiliki calculate sendiri untuk keperluan perhitungan   
  8. Dapat membuktikan rumus traplesium

Melukis Trapesium

Berikut ini adalah langkah-langkah melukis trapesium :
1.      Pilih software geometer sketchpad


Maka akan muncul tampilan seperti berikut :


2.     Pilih segment seperti gambar di bawah ini :

Maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini :

3.      Untuk memberi identitas dua titik tersebut
Klik kanan pada titik tersebut, kemudian pilih show label, seperti gambar dibawah ini :


Maka akan muncul gambar seperti berikut :

4.     Buat titik tengah pada garis AB
Dengan cara klik pada garis AB, kemudian klik contruct à pilih mid point, seperti gambar dibawah ini :

Kemudian klik kanan à pilih show label, maka akan di dapat gambar seperti berikut :

5.      Kemudian buat lingkaran :
Titik pusat A dengan jari-jari AC
Titik pusat B dengan jari-jari BC
Titik pusat C dengan jari-jari CB
Caranya untuk membuat lingkaran dengan klik icon seperti dibawah ini :


Maka akan di dapat gambar seperti berikut :

6.      Klik lingkaran C dan A, untuk itu terlebih dahulu kita klik icon seperti dibawah ini untuk memilih lingkaran :



Pilih contruck, kemudian intersection, seperti gambar dibawah ini :

Kemudian klik kanan. Pilih show label
Maka di dapat gambar seperti berikut :

7.     Sembunyikan semua lingkaran dan identitas titik C
Klik semua, kemudian ctrl-h, maka akan didapat gambar seprti dibawah ini :

8.     Gabungkan titik-titik tersebut, pilih segment, maka akan muncul gambar dibawah ini:


Membuat belah ketupat
Berikut ini adalah langkah-langkah melukis belah ketupat :
1.      Buat garis dengan pilih segment, seperti gambar dibawah ini :

Maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini :

2.     Untuk memberi identitas dua titik tersebut
Klik kanan pada titik tersebut, kemudian pilih show label, seperti gambar dibawah ini :

Maka akan muncul gambar seperti berikut :

3.     Buat lingkaran :
Lingkaran titik pusat A dengan jari-jari AB
Lingkaran titik pusat B dengan jari-jari BA
Dengan cara klik terlebih dahulu icon seperti dibawah ini :



Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :

4.     Klik lingkaran A dan B, untuk itu terlebih dahulu klik icon panah.
Pilih contruck, kemudian intersection, seperti gambar dibawah ini :

Kemudian klik kanan. Pilih show label
Maka di dapat gambar seperti berikut :

5.     Sembunyikan semua lingkaran
Klik semua, kemudian ctrl-h, maka akan didapat gambar seprti dibawah ini :

6.     Gabungkan titik-titik tersebut, pilih segment, maka akan muncul gambar dibawah ini:
Untuk lebih jelasnya bisa klik link dibawah ini  :
http://iartaurus89.blogspot.com/2013/01/membuktikan-rumus-bangun-datar-dengan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar